Wednesday, June 29, 2016

LUAR BIASA...MANFAAT KOPI ...ANDA HARUS TAHU.

Selamat berjumpa kembali, selamat bersantai ataupun apa sajalah, yang penting duduk manis sambil menikmati secangkir kopi. ya..kopi ini yang saya rasakan minuman paling nikmat di dunia, mengapa paling nikmat buat saya?

Ya...begini sejarahnya, waktu saya kecil dulu, sudah terbiasa minum kopi, dijaman dulu di kebun belakang rumah kakek saya banyak tanaman kopi, seingat saya kopi itu sudah harum aromanya sejak bunga kopi mekar di pohonya, setiap pagi asal pas musim bunga kopi mekar, satu kampung akan wangi, baunya seperti bunga melati.

Disaat musim panen tiba, saya sudah terbiasa memetik buah kopi yang sudah matang dari pohonnya (buah kopi yang sudah matang akan berwarna merah), saya diajarkan mengolah biji kopi (walau tidak paham betul) dari buah kopi sampai dengan menjadi bubuk kopi yang siap di hidangkan.

Itu hanya sedikit ingatan saya dulu ketika merasakan nikmatnya kopi dikampung, dan sampai sekarangpun masih nyruput kopi.(karena nikmatnya mungkin).

Selain rasa yang nikmat ada juga manfaat minuman kopi,

1. Menambah daya tahan tubuh.kopi mengandung zat kafein yang lumayan tinggi, penjelasan ilmiahnya begini (kata pakar) adenosin dalam tubuh adalah sel yang mempengaruhi otak untuk tidur, nah si kafein ini bekerja menghambat pergerakan sel tersebut sehingga tubuh akan terasa lebih segar.

2. Bisa mencegah kanker. Zat antioksidan dalam kopi membantu menekan pertumbuhan sel kanker, contoh, hasil penelitian bila kita minum kopi 2 kali sehari bisa mengurangi resiko kanker usus besar sebesar 25% (kata pakar dari jepang)

3. Bisa mengurangi resiko penyakit gula darah, Kandungan zat asam klorogenat pada kopi membantu kinerja pembentukan zat insulin, kata pakar kesehatan minum kopi bisa menurunkan sampai dengan 50% resiko diabetes.

4. Bisa menjaga kesehatan mulut, Kopi mempunyai sifat anti bakteri yang bagus untuk kesehatan mulut, bisa juga membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

5. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan demensia serta parkinson, alzheimer merupakan penyakit yang diderita orang lanjut usia, kopi terbukti mengurangi degradasi syaraf.

6. Menambah semangat. kopi juga dapat meningkatkan semangat, semangat bekerja karena sudah tidak ngantuk lagi, menimbulkan efek bahagia, dan tentunya semangat minum secangkir kopi berikutnya.

Perlu juga diketahui, selain manfaat tersebut diatas ada juga manfaat buat kecantikan wanita, nanti akan di tulis pada posting berikutnya.

untuk zat yang terkandung pada kopi
  1. Vitamin B2, 11%
  2. Vitamin B5, 6%  
  3. Kalium dan mangan, 3%
  4. Magnesium dan niacin, 2%
Bagi yang belum pernah minum kopi silahkan mencoba, jangan sampai tidak pernah tahu nikmatnya rasa kopi, nanti menyesal.

Sumber: dirangkum dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber

No comments:

Post a Comment